Control Panel Hosting PENGERTIAN, JENIS-JENIS

     
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halo, temen-temen semua yang lagi baca blog ini, hehe. Sekarang kita bakalan belajar mengenai Control Panel Hosting nih, temen-temen. Mulai dari pengertian sampai jenis-jenis control panel hosting. Dari pada lama-lama, yuk simak penjelasan berikut sampai akhir, ya!


    CONTROL PANEL HOSTING


1. PENGERTIAN  CONTROL PANEL HOSTING
      Control panel hosting adalah website yang dibuat untuk menyampaikan informasi (konten) kepada khalayak ramai secara cepat dan dapat diakses dimana pun melalui internet atau jaringan.
       Fungsinya untuk mengatur hosting, mengelola database, membuat email, menginstall website, membuat sub domain dan masih banyak lagi.

2. MACAM-MACAM CONTROL PANEL HOSTING

  • cPanel

    Aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai control panel program-program berbentuk website. Cpanel sebenarnya adalah nama sebuah merk kontrol panel yang terkenal di Indonesia, umumnya digunakkan oleh perusahaan penyedia web hosting di seluruh dunia.

  • Webmin

         Aplikasi berbasis web digunakan untuk tools system administartion pada Unix/Linux. Sangat memungkinkan untuk memgelola konsol jarak jauh. Melalui Webmin ini kita dapat mengatur account pengguna, setup apache, DNS, dll.

  • Plesk


           Plesk adalah sebuah control panel yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam memanage server. Terutama untuk kebutuhan Hosting seperti DNS management, email, Web Hosting, CMS installer.
          Plesk juga punya banyak fitur diantaranya email security, backup server, website statiscti, FTP access dan masih banyak lagi. Plesk berjalan pada platform terkenal seperti Windows, Redhant, Debian, CloudLinux dan Centos.


  • DirectAdmin



           DirectAdmin merupakan kontrol panel berbasis grafik yang di desain untuk memudahkan user dalan administrasi website.



  • Ajenti



              Control panel berbasis web yang bersifat open source. Sangat cocok digunakan pada VPS maupun Dedicated Server. Ajenti punya port default sebanyak 8000 loh, teman-teman.


Segitu dulu, ya, temen-temen materi untuk sekarang. Maaf bila ada kesalahn dalam pengetikkan atau kesamaan dalam penulisan. Kurang dan lebihnya mohon maaf, ya.

Wassalamualaikum warahmatullai wabarakatuh.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DASAR-DASAR VPS DAN CARA KONFIGURASI

Virtual Privat Network (VPN)